Penyebab Komputer Restart Sendiri dan Cara Mengatasinya

Penyebab komputer restart sendiri dan cara mengatasi - Belajar komputer kali ini akan membahas tentang penyebab komputer restart sendiri dan cara mengatasinya. Komputer restart sendiri itu sangat menjengkelkan, apalagi ketika kita sedang mengerjakan tugas dengan Microsoft word. Saya dulu pernah mengalami hal demikian, sehingga saya mencari-cari sendiri apa penyebab komputer sering restart sendiri tanpa saya harus kirim CPU saya ke ahli service komputer. Dan ternyata memory RAM saya kotor karena terkena debu, kemudian saya pun membersihkannya sendiri dengan alat seadanya. Mungkin banyak juga penyebab atau faktor komputer restart sendiri selain permasalahan di memory. Berikut ini akan saya share apa yang saya ketahui mengenai Penyebab komputer restart sendiri dan cara mengatasi :

Komputer Restart Sendiri Karena Processor Kepanasan

Komputer Restart Sendiri Karena Processor Kepanasan

Prosesor merupakan otak dari komputer, sama seperti manusia kalau otak kita disuruh berfikir terus, maka kita akan jenuh, pusing dsb. Jika si processor ini menerima pekerjaan yang berat dengan membuka banyak program-program dsb, maka processor pun akan kepanasan atau biasanya disebut overheat. Cara mengetahui komputer kita overheat anda bisa melakukan hal berikut ini :
Coba cek temperature komputer melalui menu Hardware Monitor yang ada pada BIOS
Silahkan pakai program monitoring temperatur, misalnya CPUID Hardware Monitor untuk mengeceknya.
Atau coba cek langsung dengan membuka casing CPU dan meraba sendiri bagian Pendingin (Cooler) Processor. 
Cara mengatasi komputer restart sendiri karena Procesor kepanasan (overheat) dapat anda coba tips berikut ini:
Bersihkan secara rutin atau berkala casing CPU dan cooler processor komputer anda dengan mengunakan kuas cat yang bersih. Lakukan hal ini di ruangan terbuka agar kotoran dan debu-debu tidak mengganggu anda. 
Ganti thermal paste yang sudah kering dengan yang baru, karena thermal paste ini bisa digunakan sebagai perekat bagian prosessor dan cooler/pendingin. 
Tempatkan komputer diruangan yang tidak terlalu panas, jika tidak ada tempat yang sesuai dan anda harus terpaksa menaruh komputer ditempat yang panas, maka anda wajib memasang kipas angin pada CPU. 

Komputer Restart Sendiri Karena Power Supply Kekurangan Daya

Komputer Restart Sendiri Karena Power Supply Kekurangan Daya

Komputer yang kekurangan daya dari power supply atau pencatu daya mengakibatkan performa kurang maksimal atau sering restart sendiri. Hal ini disebabkan karena mati atau macetnya kipas yang berada pada power supply sehingga mengakibatkan overheat pada power supply itu sendiri. Hal ini bisa diketahui dengan mudah ketika anda akan menyalakan power komputer biasanya terdengan suara kipas yang menyala. Cek secara manual dengan menyentuh bagian power supplynya langsung, jika terasa panas maka hal ini patut dicurigai. Anda bisa mengganti power supply (baca : cara memilih power supply) dengan yang baru atau bekas dengan daya minimal 530 watt. Dengan daya tersebut cocok untuk kebutuhan komputer sekarang ini.

Komputer Restart Sendiri Karena Hardisk Bad Sector

Komputer Restart Sendiri Karena Hardisk Bad Sector

Penyebab komputer sering restart sendiri berikutnya karena hardisk atau cakram keras yang rusak/bad sector (baca : cara memperbaiki hardisk bad sektor). Efek dari hardisk bad sector sendiri terlihat dari seringnya muncul layar bluescreen of death yang berwarna biru pada layar dan komputer merestart terus menerus. Cara mengatasi dan memperbaiki hardisk seperti itu dengan mengaktifkan program scandisk/checkdisk, lakukan secara berkala proses defrag hardisk, dan wajib mematikan komputer melalui tombol shutdown. Dengan perawatan komputer yang baik, pekerjaan anda tidak akan terganggu oleh komputer yang me-restart sendiri.

Komputer Restart Sendiri Karena VGA Rusak

Komputer Restart Sendiri Karena VGA Rusak 


Komputer restart sendiri bisa disebabkan karena VGA card yang rusak. Kerusakan VGA card ini bisa disebabkan oleh overheat yang dikarenakan kipas (fan) dari VGA card ini melambat atau kotor karena debu. Jika VGA card ini rusak mengakibatkan tampilan gambar ada layar monitor pun menjadi rusak dan ini memicu komputer me-restart dengan sendirinya. Untuk itu anda bisa mengecek secara berkala bagi anda yang menggunakan VGA card pada komputernya. Terutama lakukan pembersihan pada kipas VGA tersebut.
Komputer restart sendiri karena RAM Rusak

Komputer restart sendiri karena RAM Rusak

Penyebab komputer restart sendiri karena RAM memang paling sering terjadi. Seperti yang saya alami pada beberapa waktu lalu, tapi hal ini memang wajar bagi saya yang jarang merawat komputer/membersihkannya. Hehehe,,, Kondisi RAM yang kotor membuat RAM (baca : Random access memory) tersebut bisa-bisa rusak dan membuat komputer sering restart dengan sendirinya. Perawatan komputer itu memang seharusnya dilakukan secara berkala, mungkin bisa 1 minggu 1 kali. Hal ini pun dulu pernah saya lakukan, tapi lama kelamaan jadi malas. Saya dulu membersihkan RAM yang kotor menggunakan tisu dan minyak kayu putih dan Alhamdulillah komputer kembali normal.
Demikianlah belajar panduan komputer kali ini mengenai Penyebab komputer restart sendiri dan cara mengatasinya, semoga bisa membantu anda. Intinya dari semua ini adalah kita harus merawat dengan melakukan pembersihan secara berkala kepada komponen-komponen komputer kita. Baik itu seminggu sekali atau terserah anda, terutama pada komponen power supply, RAM, hardisk dan yang paling utama processor. Salam ….
IBX5838443BCB845