Cara Mengembalikan Data Yang Terhapus

Panduan Komputer, Cara Mengembalikan Data Yang Terhapus - Kesalahan yang tidak disengaja bisa terjadi kapan saja baik itu karena kesamaan data filenya atau terlanjur terDelete, adakalanya juga terlalu banyak file membuat kapasitas memori penuh, ataupun membuang data-data yang tidak begitu penting lagi namun file yang sudah terlanjut diDelete akan hilang dari Folter.

Untuk mengembalikan file yang terdelete tadi langsung Undo atau Ctrl+Z jika Folder Dokumennya belum di Close. Tetapi kalau sudah di close tidak bisa di Undo lagi karena kita sudah keluar dari programnya. Gunakan yang bergambar Tempat Sampah / Recycle Bin yang terdapat di layar Desktop komputer untuk mengambil kembali secara uruh tanpa rusak.

Cara Mengembalikan Data Yang Terhapus

Tips Mengembalikan Data Yang Terhapus

Cara mengambil kembali file tersebut cukup mudah dilakukan dengan langkah sebagai berikut:

Cara Mengembalikan Data Yang Terhapus
  1. Klik Recycle Bin di Desktop
  2. Didalam tersebut terdapat file atau folder dokumen yang pernah dihapus sebelumnya, silahkan cari file yang anda maksud
  3. Selanjutnya klik kanan pada file tersebut lalu pilih Restore (mengembalikan ketempat folder dasar). Perlu diperhatikan apabila anda ragu-ragu keberadaan posisi file tersebut sebelumnya jangan langsung di Restore tetapi pilih Properties. Untuk mengetahui keberadaan posisi file tersebut berada sebelumnya pada ORIGIN yang terlihat seperti pada gambar disamping, jika anda sudah mengetahui keberadaannya klik Restore lalu klik OK
  4. Untuk menggunakannya buka folder dasar dokumen tempat file tersebut berada sebelumnya
Delete semua file untuk mengurangi kapasitas memory yang terdapat di dalam Recycle Bin, tapi sebelumnya pastikan dulu file tersebut tidak digunakan lagi, karena jika sudah hilang dari tempat sampah tidak bisa dikembalikan lagi kecuali menggunakan Software yang terkait. Sekian postingan Cara Mengembalikan Data Yang Terhapus semoga bermamfaat bagi yang membutuhkannya.
IBX5838443BCB845