Tips Mempercepat Kinerja Komputer Laptop yang Lambat

Panduan KomputerTips Mempercepat Kinerja Komputer Laptop Lambat - mempercepat kinerja komputer maupun laptop mungkin dirasa sulit bagi orang awam yang kurang paham seluk beluk komputer. Tapi jika kita sudah mengetahui trik dan langkah-langkah apa saja yang harus diambil maka dapat dengan mudah mempercepat kinerja komputer maupun laptop kita. Komputer maupun laptop terkadang menjadi sangat mengesalkan ketika loading terlalu lama bahkan mengalami not responding. Dengan kondisi yang serba lemot kita jadi enggan untuk membuka laptop. 

Kebanyakan pemakai laptop dan komputer di Indonesia menggunakan Windows 7 sebagai sistem operasinya. Disamping tampilan grafis lebih nyaman untuk digunakan fungsi sistem operasi ini responsif untuk berbagai kegiatan harian seperti mengetik, bermain game dan kegiatan lainya (Baca : Cara menginstal Windows 7 lengkap disertai dengan gambar. Support yang cukup baik untuk berbagai program juga baik beberapa diantaranya bahkan tak membutuhkan software pendukung. Kembali ke masalah komputer lelet, jika anda menggunakan komputer atau laptop yang terinstal Windows 7 panduankomputer akan menshare beberapa tips untuk mempercepat kinerja komputer maupun laptop bagi seluruh sahabat panduankomputer.
Mempercepat Kinerja Komputer

Tips Mempercepat Kinerja Komputer Dan Laptop

1. Atur StartUp Windows

Tips Mempercepat kinerja komputer dan laptop yang pertama adalah dengan mengatur startup windows. Hal ini dikarenakan aplikasi yang dijalankan pada saat startup/ setelah kita menghidupkan windows akan berjalan dengan otomatis. Startup program yang terlalu banyak menyebabkan komputer/ laptop kita menjadi berat karena tata letak membuka program adalah di desktop. Dari segi efektifitas banyak kinerja komputer terbuang sia-sia karena tak semua program dipakai oleh kita. Untuk dapat menghilangkan program pada saat startup anda dapat melakukan langkah berikut.

Mempercepat Kinerja Komputer dengan startup

klik Tombol Start, pada menu search ketikkan (Run), Pada jendela Run ketik (MsConfig) lalu (Enter), Pilih Menu Startup dan uncheck program yang tidak akan kita gunakan, Kemudian klik OK dan restart Komputer atau Laptop Kita.

2. Defrag Harddisk

Disk defragmenter adalah suatu fitur pada sistem operasi yang berguna untuk memmperbaiki susunan file yang telah diperbaharui atau di install oleh user, baik itu secara sengaja maupun tidak sengaja. Defrag hardisk berfungsi menjaga kestabilan komputer atau laptop anda. Beberapa kinerja nyata defragmenter adalah menghilangkan boot sector dan program yang eror. Untuk langkah-langkah melakukan defrag, anda bisa menyimak informasi dibawah ini.

Mempercepat Kinerja Komputer dengan defrag

klik Tombol Start, pada menu search ketikkan Disk Defragmenter, Pilih disk defragmenter. lakukan Defrag Harddisk pada semua drive pada komputer atau laptop sobat pc.

3. Scan Virus

Menurut pengalaman , antivirus sangat berperan penting bagi komputer ataupun laptop. Virus ada berbagai macam dan semuanya mnghambat kinerja komputer walaupun tidak terlihat secara langsung. Virus dapat masuk dari mana saja contoh nyata adalah lewat download, media penyimpanan seperti falshdisk, hardisk eksternal bahkan memlalui smartphone. Untuk menghindari kerusakan pada file komputer kita selayaknya kita memasang antivirus. Ada banyak varian antivirus yang dapat menjadi pilihan sobat pc.
Jika sudah mempunyai antivirus update sangat penting untuk memperbaharui data mngenai virus baru jadi laptop maupun komputer kita terlindungi. Setelah update scan lah laptop/ komputer sobat pc secara rutin minimal satu minggu sekali untuk menjaga jaga agar data yang sobat pc miliki tidak hilang maupun rusak terkena virus.

4. Hindari Menyimpan File Di Drive C

Drive C adalah tempat sistem operasi alias sistem utama yang menjalankan komputer dan laptop sobat pc. Jika kita menaruh file kita disembarang folder di C akan mengakibatkan sistem terlalu berat untuk menjalankan beberapa program. Windows membutuhkan ruang tersendiri dengan kapasitas tertentu untuk menjalanka sistem. Jadi jika semakin banyak dokumen yang disimpan di Drive C maka windows juga semakin berat untuk berjalan. Jadi tak ada salahnya anda menyimpan dokumen di drive lain seperti D,E atau lainya.

5. Bersihkan Data Dan Registri Yang Tidak Digunakan

Jika data pada hardisk terlalu penuh otomatis akan membuat kinerja komputer atau[un laptop kita menjadi lambat. Hal ini disebabkan karena terlalu banyak data yang memenuhi hardisk sehingga kinerja hardisk kurang maksimal karena harus meload begitu banyaknya file. Kurangi beberapa file pada hardisk anda yang sudah tidak digunakan untuk meringankan kinerja hardisk sobat PC.
Bersihkan pula data pada recycle bin, temporary folder yang sudah digunakan, cache pada internet browser dan registri komputer. Registri adalah database pada sistem Windows yang berisikan informasi mengenai program yang diinstal, perangkat keras sistem, pengaturan konfigurasi, dan profil dari setiap account di laptop atau komputer sobat PC. Jika terjadi kerusakan pada program tentu sudah pasti komputer akan melambar jika kita membuka program tersebut. Untuk membersihkan registry ada berbagai macam aplikasi yang dapat digunakan misalnya CCleaner.

6. Matikan System Index Search

System Index Seacrh adalah list atau daftar dari pencarian sistem pada Windows 7. Prosen Index sendiri memakai memori dan berjalan terus menerus tanpa kita ketahui waktunya. Proses index juga membutuhkan memori/ kapasitas tersendiri untuk menyimpan daftar file yang sudah terindexs. Logika nya jika semakin banyak file maka semakin banyak pula index dan semakin banyak pula memori penyimpanan yang dibutuhkan. Untuk mematikan system index, anda dapat menyimaknya berikut ini.

Mempercepat Kinerja Komputer dengan systemindex


Klik Tombol Start, pada kotak search ketikkan services.msc kemudian tekan (enter) dan carilan Windows search lalu klik kanan pilih Stop ataupun Disable

7. Atur Visual Effect

Visual Effect yang berlebihan membuat kinerja processor maupun kartu grafis kita semakin tinggi. Jika terlalu memaksakan tampilan visual sedangkan hardware kita terbatas maka otomati kinerja komputer kita melambat. Atur efek visual dengan mengurangi maupun jika tidak penting dengan menghilangkan nya. Untuk setingan visual efek anda dapat menyimaknya berikut ini.

Mempercepat Kinerja Komputer dengan visualefek

Klik Tombol start, kemudian ketik ketikkan (Performance), Klik (Adjust The Appearance and Performance Of Windows), masuk ke menu (Visual Effects). Silahkan uncheck efek yang dinilai mengganggu maupun tidak pentinng untuk digunakan. Jika sudah selesai anda dapat meng Klik OK maupun Apply.
Komputer dan laptop yanng responsif tentunya menjadi dambaan anda sekalian. Karena dengan laptop yang yang responsif dapat melancarkan pekerjaan. Semoga langkah diatas dapat membantu anda dalam mempercepat kinerja komputer dan laptop. Terima kasih telah menyimak informasi dari Panduankomputer, kunjungi terus panduankomputer-it.blogspot.com untuk mendapatkan informasi terupdate mengenai harga, review, tips dan spesifikasi laptop maupun komputer. Semoga Bermanfaat.
IBX5838443BCB845