5 Fakta tentang Ponsel 4G yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Membeli

Banyak yang mengatakan bahwa tahun 2016 kemarin merupakan tahunnya jaringan 4G. Hampir semua ponsel yang laris dibeli berlabel 4G, mulai dari kelas satu jutaan hingga puluhan juta. Dengan kata lain, produk 4G bukan lagi barang mahal di Indonesia.

Namun sayangnya, masih banyak masyarakat yang belum memahami tentang teknologi jaringan 4G dan perkembangannya di Indonesia. Sebagian masyarakat Tanah Air menilai label 4G pada sebuah ponsel berarti kualitas jaringan lebih baik dan internetan lebih cepat. Jadi, tinggal memilih paket internet terbaik untuk bisa digunakan.

Faktanya ponsel berlabel 4G tidak bisa menjamin kamu akan mendapatkan semua keuntungan jaringan 4G, seperti yang banyak diberitakan itu. Kenapa? Ini 5 fakta yang menjadi alasannya dan perlu kamu ketahui:
Sumber: SmallBusiness.co.uk/Jay Karsandas

1. Apa itu 4G?

4G (fourth-generation) merupakan teknologi jaringan terbaru yang menawarkan akses data lebih tinggi dan mumpuni. Pengguna ponsel 4G akan merasakan keuntungan seperti internet bebas lemot, streaming radio tidak terputus, proses mengunduh lebih cepat, hingga video berkualitas HD (High Definition).

Di sisi lain, kamu perlu tahu bahwa 4G terpecah dalam beberapa tipe. Jaringan yang memenuhi spesifikasi 4G saat ini hanyalah LTE-Advanced dan WiMAX Release 2. Sedangkan jaringan WiMAX, dan LTE diizinkan berlabel 4G, tapi tidak menawarkan kecepatan seperti spesifikasi resmi tentang 4G.

Jadi jangan heran bila kecepatan jaringan 4G tipe LTE yang digunakan di Indonesia berbeda-beda. Namun kamu tak perlu khawatir karena 4G LTE jauh lebih cepat dan lebih baik ketimbang jaringan 3G. Untuk memaksimalkan 4G LTE, sebaiknnya kamu menggunakan paket internet tepat dan pilihan terbaiknya bisa kamu dapatkan via aplikasi Traveloka. Untuk kamu pengguna Telkomsel Simpati, bisa klik link berikut: https://www.traveloka.com/connectivity/paket-internet/simpati.

2. Teliti Membeli Ponsel Berlabel 4G

Kamu perlu tahu bahwa tidak semua ponsel berlabel 4G legal beredar di Indonesia. Alasannya karena vendor tidak memenuhi aturan yang ditetapkan oleh pemerintah lewat TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri). Status 4G pada ponsel yang ilegal ini biasanya belum bisa aktif digunakan di Indonesia.

Intinya, kamu memiliki ponsel 4G tapi tidak bisa menggunakan jaringan 4G karena vendor belum memenuhi syarat yang berlaku. Untuk itu, lebih telitilah ketika membeli ponsel berlabel 4G. Pastikan jaringan 4G sudah bisa digunakan dan vendor memiliki izin edar di Tanah Air. 

Kamu bisa update informasi tentang vendor mana saja yang sudah legal, selain Samsung dan Lenovo. Untuk mengakses informasi tersebut pastikan gadgetmu tidak kehabisan paket internet. Jika sudah habis, cara terbaik, termudah, dan tercepat membeli paket ialah via aplikasi Traveloka.

3. Mengenal TKDN dan Hambatan Jaringan 4G di Indonesia

Sumber: BusninessInsider.co.id/Steve Kovach

Tujuan TKDN ialah untuk mengurangi defisit perdagangan akibat banyaknya barang impor masuk ke Indonesia. TKDN diharapkan mengurangi kerugian ekonomi dan menaikkan nilai produk dalam negeri. Namun hingga saat ini, TKDN masih terus gonta-ganti skema peraturan. Ini yang menjadi hambatan masuknya ponsel jaringnan 4G di Indonesia.

Sejumlah vendor menahan diri, angkat kaki, atau mencoba trik lain, agar produk ponselnya bisa masuk ke Tanah Air. Aturan yang masih tumpang tindih ini tentu merugikan masyarakat yang ingin menikmati ponsel 4G canggih dari vendor kenamaan.

4. Cermat Pilih Paket Internet untuk Ponsel 4G

Percuma saja bila kamu memiliki ponsel berteknologi 4G, bila operator dan paket internet yang digunakan belum mendukung. Dengan kata lain, pastikan kamu melakukan upgrade pada SIM Card ke jaringan 4G. Prosesnya cukup mudah dilakukan dan gratis, karena semua operator saat ini gencar mempromosikan jaringan 4G.

Proses upgrade ini hanya akan mengganti fisik kartu, sedangkan nomor telepon tetap sama. Setelah upgrade, jangan lupa menggunakan paket internet sesuai kebutuhan, bujet, dan mendukung jaringan 4G. Pembelian paket internet bisa kamu percayakan pada aplikasi Traveloka yang menjamin kemudahan, kenyamana, kecepatan, dan harga yang murah.

5. Perhatikan Jangkauan Sinyal 4G

Apakah daerah tempat tinggalmu sudah mendukung layanan jaringan 4G? Ketika ponsel sudah 4G, SIM Card sudah upgrade, dan paket internet sudah dipilih, langkah terakhir yang perlu diperhatikan ialah jangkauan 4G. Untuk mengetahui jangkauan ini silahkan mengunjungi web resmi dari masing-masing operator.

Daerah yang sudah mendukung jaringan 4G masih belum merata di Indonesia, karena teknologi ini tergolong baru. Namun kamu tak perlu khawatir, karena semua operator besar di Indonesia sedang mengembangkan dan membangun jaringan 4G dari Sabang sampai Merauke

Sumber: Cnet.com/Roger Cheng

Negeri ini masih berbenah untuk menghadirkan koneksi internet super cepat dan stabil. Internet yang menjangkau semua wilayah Indonesia dan bisa dinikmati dengan harga beli murah. Semoga pengembangan ini diiringi dengan kematangan mental, ilmu, dan sikap orang Indonesia dalam memanfaatkan teknologi canggih sebagaimana mestinya.
IBX5838443BCB845