Urutan Tingkatan Generasi Processor Intel

Panduan Komputer, Kali ini akan mengulas tentang jenis-jenis processor dan Tingkatan Generasi Processor Intel dari tahun ke tahun yang selalu mengalami perubahan dan perkembangan,. Setiap kali kita ingin membeli laptop pasti yang ada di benak kita itu adalah spek dari laptop itu sendiri karena kita menginginkan kinerja laptop yang mumpuni sesuai dengan apa yang kita kehendaki, agar nantinya saat kita gunakan bekerja dapat berjalan dengan baik. Yang utama adalah Generasi Processor yang dipakai.

Processor adalah otak dari komputer,, jadi kinerja laptop atau komputer kita cepat atau lambat nya tergantung dari jenis processor yg dipakai dan perangkat keras pendukung lainnya seperti RAM ( Random Acces Memory). Semakin tinggi tingkatan processor serta besar ram yang di pakai maka laptopnya pun akan mempunyai kinerja yang cepat, (Ghz). Jadi jika laptop atau komputer kamu lemot, lambat silahkan di Upgrade saja processor dan RAm nya. tapi kamu harus tahu dan faham dulu jenis dan generasi processor yang ada di laptop maupun komputermu. karena setiap generasi processor memiliki soket dan jumlah pin yang berbeda tiap generasi terutama Processor Intel.
Urutan Tingkatan Generasi Processor Intel

Sebenarnya ada banyak sekali pengelompokan jenis processor intel, Jenis dan urutan generasi intel dari terendah sampai tertinggi dikelompokkan berdasarkan tingkatan/urutan tahun generasi pembuatannya, Prosesor Intel berdasarkan Core/Inti (prosesor single core, prosesor dual core, prosesor core 2 duos, prosesor 6 core, prosesor 8 core), Jenis Prosesor Intel berdasarkan penggunaannya (Processor Intel untuk personal, processor untuk server, processor untuk workstation), Jenis prosesor intel berdasarkan jenis socket/soket chip pada motherboard, Jenis prosesor berdasarkan jumlah elemen transistor, Jenis prosesor intel berdasarkan kecepatan proses data, jenis prosesor intel berdasarkan arsitektur prosesornya (x64, x86).

Jenis-Jenis Processor Intel

Untuk saat ini akan kami bahas tentang urutan generasi prosesor dari Inte Core-I series .Seperti yang kita tau, Intel I Series termasuk dalam prosesor yang sering dipakai di masyarakat. Kualitas dari intel core I series juga tidak diragukan lagi. Tapi apakah kalian tau tentang generasi Intel core I series? Jika belum maka lanjutkan membaca urutan dan penjelasannya berikut  :

1. Arrandel / Nehalem
Urutan Tingkatan Generasi Processor Intel

adalah generasi pertama dari Intel Core I Series. Adanya perubahan dari seri pendahulunya yaitu penggabungan komponen ke dalam chip prosesor Controller RAM DDR3 langsung dari prosesor. Selain itu Nehalem ini masih menggunakan teknologi fabrikasi 45 nm. Jadi maklum lah kalo generasi Nehalem ini terasa agak lambat karena memang sudah terlalu tua.

2. Sandy Bridge
Urutan Tingkatan Generasi Processor Intel

Pada tahun 2011 diluncurkan generasi ke-2 untuk Intel Core yaitu Arsitektur Sandy Bridge. Teknologi Sandy BridgeSudah suport dengan teknik fabrikasi 32 nm dan salah satu fitur barunya adalah adanya vga di prosesor ini. Kalo di AMD mungkin namanya APU atau Fusion.

3. Ivy Bridge
Urutan Tingkatan Generasi Processor Intel

Generasi ke-3 dari Intel Core adalah arsitektur Ivy Bridge yang merupakan generasi "Tock" dari Sandy Bridge. Perubahan mendasar pada teknologi ini adalah penggunaan fabrikasi 22 nm sehingga efisiansi daya listrik jauh lebih besar dari yang sebelumnya. Pada arsitektur ini juga Intel menambahkan dukungan untuk USB 3.0 dan PCI Express 3.0.

Prosesor Ivy Bridge bias dipake pada motherboard untuk Sandy Bridge (LGA 1155) namun fitur seperti USB 3.0 tidak akan berfungsi karena keterbatasan dukungan chipset dari motherboard tersebut

4. Haswel
Urutan Tingkatan Generasi Processor Intel

Haswell adalah procesor Intel generasi ke-4 yang diluncurkan pada tahun 2013, memiliki fitur baru internal VGA (GPU) lebih cepat. prosesor Sandy Bridge cuma dibuat sampai 3.3-3.4Ghz saja. Sedangkan Ivy Bridge dan Haswell berada di atas 3.4Ghz.

Prosesor ini punya soket yang berbeda dari yang sebelunya. Jadi jika ingin upgrade dari generasi sebelumnya harus membeli motherboard baru. Haswell memiliki internal grafik/VGA lebih baik dari Ivy Bridge, namun masih jauh dibawah eksternal VGA. Selain itu, arsitektur ini masih menggunakan fabrikasi yang sama dengan Ivy Bridge yaitu 22 nm

5. Broadwell
Urutan Tingkatan Generasi Processor Intel

Diresmikan pada tahun 2014, Broadwell adalah arsitektur generasi ke-5. Broadwell merupakan generasi "Tick" dari Haswell, dimana memiliki fabrikasi 14 nm. Dengan mengecilnya “penampang” pada Intel generasi 5 ini,membuat konsumsi daya makin kecil. Namun memliki performa yang lebih baik 5-20% dari generasi sebelumnya. Sama dengan Haswell, Broadwell menggunakan socket LGA 1150 dan LGA 2011-v3

6. Sky Lake
Urutan Tingkatan Generasi Processor Intel

Intel resmi meluncurkan prosesor Core-i generasi ke-6 pada September 2015. Sama seperti arsitektur sebelumnya, Skylake menggunakan teknologi fabrikasi 14 nm. Ada teknologi  baru dari prosesor ini, dengan teknologi yang dinamakan "speed shift" memungkinkan prosesor untuk bekerja lebih cepat tapi juga menghemat daya. Skylake menigkatkan performa hingga 50% dari generasi sebelumnya dan menghemat streaming video 4K. 

Skylake juga mendukung RAM dengan jenis DDR4 (frekuensi sampai 2133 MHz) dan juga DDR3 (frekuensi 1600 MHz). Yang lebih kerennya lagi baru-baru ini diluncurkan Intel Core i9 yang disematkan di arsitektur ini, Intel juga mengeluarkan Intel Core seri m (m3, m5, m7) untuk Skylake

7. Kaby Lake
Urutan Tingkatan Generasi Processor Intel

Intel generasi ke-7 ini diluncurkan secara resmi pada Agustus 2016. Sama seperti 2 generasi sebelumnya, Kaby Lake menggunakan teknologi fabrikasi 14 nm. Performanya meningkat sekitar 12% jika dibandingkan dengan Skylake.

Intel Core Generasi ke-7 ini dapat menciptakan pengalaman multimedia yang maksimal. Pengguna dapat merasakan peningkatan grafis dalam bermain game populer dan paling baru, dan menjalankan video 4K dengan lancar tanpa mengalami penurunan fps.

Hadirnya prosesor Kaby Lake juga menandai persaingan yang akan berjalan ketat antara Intel dan AMD, yang akhirnya mengeluarkan prosesor andalannya yang bernama AMD Ryzen Series.

8. Coffee Lake
Urutan Tingkatan Generasi Processor Intel

Coffee lake resmi diluncurkan pada Oktober 2017. Ini merupakan PAO (Process-Architecture-Optimization) dari Kaby Lake. Masih sama, Coffee Lake memakai teknologi fabrikasi 14 nm, namun pada versi mobile generasi ke-8 sudah menggunakan fabrikasi 10 nm. Performa tentunya meningkat dibandingkan generasi pendahulunya.

Salah satu keunggulan dibandingkan generasi sebelumnya adalah jumlah core yang meningkat. Contohnya Core i3, yang sebelumnya hanya punya dua inti, kini menjadi empat inti. Sementara untuk Core i5 kini mempunyai enam 6, dan Core i7 juga punya enam inti dengan dukungan hyperthreading

9. Canon Lake / Ice Lake

Generasi terbaru ini masih belum secara resmi diluncurkan, tetapi masih dalam tahap uji coba. Dan masih belum terlalu sempurna. Menurut website resminya, Intel akan menamai generasi ini dengan nama Canon Lake atau Ice Lake. Ts sendiri juga belum yakin mana yang akan keluar duluan.

Tapi menurut penelusuran yang ts lakukan kemungkinan besar yang keluar duluan adalah yang Canon Lake lalu setelah itu  Ice Lake. Ada kemungkinan lain yaitu Canon Lake adalah versi refresh dari kaby Lake atau versi terbaru Kaby Lake namun masih masuk dalam generasi Kaby Lake

Kita tunggu saja, rilis resmi dari Intel.

Nah, itulah Urutan Tingkatan Generasi Processor Intel Core Series, sekarang sudah tau kan, mana processor yang lama dan Keluaran terbaru?, 

Cara Mengetahui Jenis Processor pada Laptop Komputer

lah terus bagaimana cara mengecek generasi Processor yang tertanam di laptop / komputer kita??? jangan bingung atau gelisah, dan tidak perlu di bongkar laptopnya nanti malah rusak tidak bisa di pakai. hehehe... anda cukup mendownload Aplikasi yang bernama CPU-Z

Mengecek jenis Processor Laptop Komputer


Dengan Aplikasi tersebu tidak hanya generasi Processornya saja yang bisa kita lihat tetapi juga jenis memory yg dipakai serta Graphic/VGA nya juga bisa kita ketahui,..

Demikianlah Ulasan sedikit mengenai Generasi processor Intel , Semoga bisa bermanfaat, jangan lupa untuk di like dan share jika dirasa bermanfaat,.. terima kasih.