Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Program Not Responding pada Windows 7 dan XP

Permasalahan pengoperasian komputer bisa saja terjadi. Salah satunya kendala hang, dimana kondisi ini dikenal juga dengan istilah  program not responding. 

Meski begitu, Anda tak perlu khawatir. Ada beberapa cara mengatasi program not responding pada Window 7  dan XP. Mau tahu bagaimana caranya? Simak ulasannya! 

Kendala hang memang menjengkelkan terlebih saat keadaan darurat, dan Anda membutuhkan informasi databasenya. Namun kali ini, hal tersebut tidak akan lagi terjadi, jika Anda mengatasinya dengan tepat. 


Langkah-langkah Mengatasi Program Not Responding pada Window 7 dan XP

Langkah-langkah di bawah ini bisa mengatasi masalah  program not responding yang terjadi pada Window 7 dan XP. Diantaranya:


Beri Waktu

Saat komputer Anda mengalami hang atau program not responding, maka  hal pertama yang bisa Anda lakukan, yakni memberi waktu. Anda bisa menunggu sebentar dengan sabar, hingga program bisa terbuka.

Biasanya, hang ini terjadi disebabkan karena program atau aplikasi yang mengambil ruang RAM dan sumber daya CPU secara berlebihan. 

Sehingga mengakibatkan perangkat menjadi tidak responsif. Anda bisa menunggu waktu sekitar 5 hingga 10 menit. Jika waktu sudah melebihi batas, Anda bisa melakukan tindakan lanjutan.


Menuju Task Manager

Untuk menuju ke Task Manager, Anda bisa menekan Ctrl+Shift+Esc sebagai jalan pintasnya. Jika sudah terbuka, maka Anda bisa langsung memeriksa dengan menelusuri program yang menghabiskan ruang RAM dan sumber daya CPU yang tinggi. Lalu Anda bisa menghentikannya dengan mengklik kanan, dan pilih ‘End Process’ ataupun ‘End Task’. 


Membuka Layar CAD

Jika Anda gagal untuk membuka Task Manager, maka Anda bisa menekan Ctrl+Alt+Del secara bersamaan, sebagai jalan pintasnya. 

Jika berhasil, maka akan muncul layar CAD, yang membuat si pengguna bisa melakukan logout ataupun akses menuju task manager. Selain itu, Anda pun bisa melakukan opsi lain, seperti restart, sleep, shut down, hingga hibernate.  


Meng-uninstall Aplikasi 

Cara mengatasi program not responding pada Windows 7 dan XP selanjutnya, yaitu Anda bisa melakukan uninstall pada aplikasi atau software yang menghabiskan ruang RAM, ataupun aplikasi yang memiliki ukuran besar, yang tidak memiliki kegunaan khusus. 

Dengan melakukan uninstall aplikasi dan mengosongkan RAM, biasanya hal ini akan memulihkan permasalahan program not responding.  

Namun jika Anda tidak ingin melakukan uninstall, maka Anda harus menambah RAM yang lebih besar.


Melakukan Restart Grafis

Jika cara diatas belum juga berhasil, maka Anda bisa menekan logo Windows+Ctrl+Shift+B secara bersamaan, untuk menyegarkan layar, dengan melakukan restart  kartu grafis. 

Di saat menekan tombol tersebut, Anda akan mendengar suara bip, dan layar yang berkedip untuk sesaat. Biasanya hang akan cepat terselesaikan.


Menginstal Aplikasi Anti Virus

Keadaan program not responding bisa saja disebabkan oleh virus. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda menginstall aplikasi anti virus, lalu melakukan scene mengenai keberadaan virus ataupun malware. Jangan lupa untuk menghapus virus dan malware yang berbahaya tersebut di komputer Anda.


Force Shut Down

Jika dengan langkah-langkah diatas, masih saja tidak berhasil. Maka Anda bisa melakukan cara terakhir, yakni dengan melakukan shutdown, atau mematikan komputer dan laptop Anda. 

Kemudian hidupkan kembali komputer serta laptop Anda tersebut. Namun jika masih saja tidak berhasil, maka kemungkinan besar komputer Anda harus di-service. 

Itulah cara mengatasi program not responding pada window 7 dan XP yang bisa Anda lakukan. Anda bisa memilih salah satu dari beberapa cara diatas, yang menurut Anda paling mudah. Selamat mencoba, dan semoga berhasil!


Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Program Not Responding pada Windows 7 dan XP"