Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenapa Komputer Sering Not Responding? Begini Alasannya!

Pastinya, ada banyak orang yang sering mengalami masalah ini. Dimana komputer menjadi tidak responding. 

Meskipun demikian, ada banyak orang yang merasa kesal ketika komputer sering not responding ini. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena ada beragam langkah mudah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya. 

Namun sebelum Anda mencari tahu cara untuk mengatasinya, ada baiknya untuk mengetahui dulu apa yang menyebabkan masalah komputer yang satu ini. 

Pastikan juga untuk tidak langsung mengunduh ulang PC atau laptop. Karena hal ini dapat diatasi dengan langkah-langkah berikut ini. 


Penyebab Komputer Sering Not Responding dan Cara Mengatasinya

Dengan mengetahui penyebabnya, maka hal ini akan lebih memudahkan dalam mengatasi masalah not responding ini. Berikut ini adalah beberapa diantaranya: 


Banyak Aplikasi 

Salah satu masalah yang paling banyak orang lakukan adalah memasang terlalu banyak aplikasi. Anda harus menggunakan langkah mudah dengan mengurangi aplikasi yang ada. 

Komputer akan mengalami masalah jika harus menampung terlalu banyak aplikasi. Ukuran yang besar pada aplikasi juga menyebabkan kesulitan dalam proses data, yang akhirnya menyebabkan hang. 


Terlalu Banyak Menggunakan Skin 

Untuk mempercantik skin pada penampilan komputer sendiri, banyak orang kemudian menggunakan aplikasi. 

Memang benar kalau aplikasi seperti ini bisa membuat tampilan layar Anda menjadi menarik. Namun, resikonya adalah hal ini bisa memperberat RAM. 

Sementara Anda memerlukan RAM dengan kapasitas yang besar, jika ingin menggunakan aplikasi untuk skin ini. 

Sebenarnya, skin yang dipakai memang tidak terlalu besar. Namun, jika digunakan secara terus-menerus, 

maka hal ini juga akan membuat RAM menjadi semakin berat. Jadi, akan lebih baik jika Anda terbiasa menggunakan tampilan yang terlihat normal. Sehingga tidak akan terjadi masalah komputer menjadi not responding. 

Multitasking 

Hal seperti inilah yang menjadi penyebab utama mengapa komputer sering not responding.  Banyak orang yang ingin menghemat waktu, dengan membuka beragam aplikasi secara bersamaan. 

Sebenarnya tidak ada larangan untuk melakukan hal itu. Namun, hal ini tentunya akan membuat perangkat rusak lebih cepat. 

Agar RAM tidak bekerja terlalu keras dan menyebabkan hang. Maka, Anda dapat membuka aplikasi, maksimal dua aplikasi secara bersamaan. Bisa dipastikan, bahwa tidak akan ada masalah jika RAM tidak bekerja terlalu berat. Malah Anda akan memperoleh kemudahan dengan penggunaan yang pas saja. 

Aplikasi Belum Tertutup Sempurna 

Beberapa orang juga melakukan hal lain yang ternyata bisa berakibat fatal. Anda pastinya sering menutup aplikasi, dan merasa sudah menutup dengan baik. 

Padahal, bisa saja aplikasi tersebut belum tertutup sempurna. Hal ini akan menyebabkan Anda dapat langsung masuk ke dalam laman aplikasi yang telah dimatikan. 


Menginstall Secara Paksa

Jangan melakukan paksa install pada aplikasi tertentu. Karena hal ini bisa mengakibatkan komputer menjadi not responding. 

Bahkan perangkat akan memberikan peringatan mengenai hal itu, karena bisa memberikan efek buruk pada komputer. 

Jadi, jauh lebih baik jika Anda tidak memaksakan aplikasi yang ingin diunduh. Sesuaikan aplikasi dengan spesifikasi komputer yang Anda miliki juga. 

Dari penyebab diatas, adakah aktivitas yang sering Anda lakukan? Jika memang salah satunya adalah yang sering Anda lakukan, maka wajar saja jika i komputer sering not responding. 

Maka dari itu, jangan membiasakan diri untuk melakukan kebiasaan yang kebiasaan yang bisa memberatkan RAM. 


Posting Komentar untuk "Kenapa Komputer Sering Not Responding? Begini Alasannya!"