Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cara Efektif Mengatasi Komputer Restart Terus

Pada umumnya, penyebab komputer melakukan restart sendiri adalah karena adanya masalah pada hardware dan software dari komputer tersebut. 

Namun jika komputer restart secara terus menerus, maka hal itu akan sangat mengganggu aktifitas. Oleh karena itu, Anda perlu tahu apa saja yang menyebabkan hal itu terjadi, dan bagaimana cara mengatasi komputer restart terus tanpa henti. 

Penyebab utama yang perlu Anda ketahui dari masalah komputer restart dengan sendirinya adalah karena prosesor komputer yang overheat atau terlalu panas, yang diakibatkan karena pemakaian yang terlalu lama. 

Meskipun demikian, Anda tidak perlu khawatir. Karena dibawah ini akan dijelaskan mengenai solusi dari masalah komputer yang sering restart terus tersebut. Yuk simak penjelasannya!


Cara Efektif Mengatasi Komputer Restart Terus 

Agar Anda tidak panik dan kebingungan saat komputer restart terus tanpa henti, yuk simak penjelasan mengenai solusinya berikut ini!


Lakukan Pengecekan Pada VGA dan Hardisk 

Perlu Anda ketahui bahwa jika VGA mengalami masalah, maka biasanya komputer akan menampilkan blue screen, sebelum komputer melakukan restart. 

Dengan begitu, Anda bisa mengecek tulisan yang tertera pada layar blue screen, untuk memastikan penyebabnya.

Selain itu, beberapa jenis VGA juga memiliki kipas pendingin. Namun jika kipas tersebut bermasalah, maka proses pendinginan VGA tidak akan berjalan dengan baik. 

Sehingga komputer akan restart sendiri. Oleh karena itu, Anda perlu mengecek fan VGA, apakah berputar secara normal atau tidak. 

Tidak hanya pada VGA saja, kerusakan pada harddisk juga akan menampilkan blue screen, sebelum komputer restart sendiri. 

Apalagi jika terdapat bad sector pada harddisk, yang membuat data tidak bisa terbaca. Sehingga bisa menyebabkan komputer restart dengan sendirinya.  


Cek Temperatur dalam CPU 

Pada umumnya, jika komputer mengalami overheating, maka akan me-restart dengan sendirinya. Hal tersebut dilakukan untuk mengatasi rusaknya beberapa komponen karena kepanasan. Apalagi jika Anda menjalankan program yang cukup berat dalam waktu yang lama, maka komputer bisa mengalami overheating. 

Oleh karena itu, sebaiknya Anda matikan dulu beberapa program yang tidak digunakan. Selain itu, Anda juga bisa mengecek temperatur, dengan menggunakan program seperti, Open Hardware Monitor. 


Cek Fan dan Heatsink dalam CPU 

Overheating juga disebabkan karena terganggunya sistem pendinginan dalam CPU, yaitu Fan dan Heatsink yang bermasalah. 

Untuk itu, lakukan pengecekan, apakah pendingin kipas tersebut berputar dengan normal atau tidak. 

Jika terdapat banyak debu yang menempel pada kipas, maka bersihkanlah. Namun apabila fan sudah bersih tapi belum berputar secara normal, maka segera ganti fan Anda, sebelum komponen lainnya menjadi rusak, karena overheating. 


Cek Prosesor 

Perlu Anda ketahui bahwa Prosesor memiliki self system untuk me-restart komputer, jika mencapai temperatur tertentu. 

Untuk mengantisipasi kerusakan pada prosesor tersebut akibat overheating, maka selain dengan melakukan pengecekan pada fan prosesor dan heatsink, Anda juga harus melakukan pengecekan pada pasta (iso termal) pada prosesor. 

Biasanya, jika usia komputer sudah cukup lama dipakai, maka kemungkinan pasta penyalur panas dari prosesor ke heatsink tersebut sudah menipis dan kering, bahkan menggumpal. 

Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengganti dengan pasta yang baru, dengan kualitas yang bagus. 

Itulah beberapa tips dan cara mengatasi komputer restart terus dengan sendirinya. Semoga penjelasan diatas bisa bermanfaat bagi Anda. Khususnya bagi Anda yang sering mengalami komputer restart sendiri. Selamat mencoba! 


Posting Komentar untuk "4 Cara Efektif Mengatasi Komputer Restart Terus "