Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Software untuk Mengetahui Kerusakan Komputer

Komputer merupakan salah satu alat teknologi yang pintar, Anda bisa mengerjakan lembaran pekerjaan Anda dengan alat tersebut. 

Namun, jika komputer Anda sedang bermasalah, mungkin Anda merasa bingung ya. oleh karena itu Software deteksi kerusakan komputer bisa menjadi solusinya. Dengan ini Anda tahu penyebab masalah yang ada pada komputer tersebut. 

Dengan semakin canggih teknologi, kini banyak inovasi baru seperti software yang dapat mendeteksi kerusakan komputer. 

Dengan adanya software tersebut itu, Anda bisa mencari tahu penyebab masalah komputer. Apa saja software yang bisa digunakan untuk mengetahui kerusakan pada komputer? 


Daftar Software Deteksi Kerusakan Komputer

Di bawah ini merupakan jenis software yang dapat Anda gunakan untuk mengetahui terjadinya kerusakan komputer. Di antara penjelasannya adalah:


Passmark Performance Test

Software pertama yang bisa Anda gunakan yakni Passmark PerformanceTest. Software ini dapat Anda jadikan sebagai kebutuhan dalam menganalisis kinerja yang ada pada komponen komputer, seperti harddisk, baterai, RAM, dan komponen-komponen lainnya. 

Fitur yang ada pada Passmark Performance Test di antaranya ialah uji hyper threading, informasi sistem komputer, serta keterkaitan analisis.  


Heavy Load

Keunggulan yang dimiliki oleh Software Heavy Load yakni dapat menganalisis keadaan ataupun kemampuan suatu komputer. 

Beberapa fitur yang bisa Anda gunakan pada software ini diantaranya, analisis kinerja komputer, jumlah harddisk serta rincian aplikasi yang menghabiskan memori hardisk serta masih banyak fitur lainnya yang dapat Anda gunakan untuk mendeteksi permasalahan komputer.

 Aplikasi ini tentunya memiliki fitur yang menunjang kebutuhan Anda dalam menganalisis keadaan suatu komputer ataupun laptop yang bermasalah, sehingga Anda bisa melihat apakah komputer tersebut rusak atau tidak. Selain itu, Anda pun bisa memantau perkembangan hardware komputernya.


The Ultimate Troubleshooter

The Ultimate Troubleshooter atau singkatnya TUT merupakan software pilihan yang dapat Anda pergunakan untuk mendeteksi adanya kerusakan sebuah komputer. Software ini terbilang cukup lengkap dalam memindai keadaan hardware komputer ataupun laptop. 

TUT menggunakan  warna sebagai tanda untuk mendeteksi kerusakkan, seperti warna hijau yang mendeteksi komponen komputer dalam keadaan baik atau sebaliknya warna merah sebagai petunjuk bahwa hardware komputer yang mengalami kerusakan parah. 

Atau jika TUT memperlihatkan warna kuning yakni sebagai tanda peringatan pada komponen tertentu yang perlu dipantau.Sayangnya, jika Anda ingin menggunakan software ini maka Anda harus membelinya terlebih dahulu. Sebab Anda hanya bisa mencoba trialnya hanya dengan 10 kali saja.


Stress My PC

Software selanjutnya yang bisa Anda gunakan adalah Stress My PC. Terbilang cukup minimalis sebagai software yang dapat mendeteksi adanya kerusakan pada komputer. 

Anda bisa melakukan analisis keadaan suatu komputer sehingga dapat mengetahui adanya komponen yang rusak bila hal tersebut mengalami masalah. 

Komponen yang biasanya dianalisis oleh software ini yakni  CPU, Baterai, grafis, VGA hingga bagian-bagian lainnya.


AIDA64

Software AIDA64 merupakan software yang dapat Anda gunakan untuk memindai keadaan komputer yang Anda punya. 

Dengan begini Anda akan mengetahui permasalahan yang terjadi pada kerusakan komputer.  AIDA64 pun memiliki banyak fitur sehingga dapat mengetahui adanya kerusakan komputer. 

Nah itulah 5 Software deteksi kerusakan komputer. Dengan menggunakan software ini Anda bisa melakukan perawatan komputer sejak dini, sehingga dapat meminimalisir kerusakan yang lebih parah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda.  


Posting Komentar untuk "Software untuk Mengetahui Kerusakan Komputer"