Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memunculkan Keyboard Arab di Laptop

Keyboard Arab sering dipakai oleh orang yang menyusun skripsi dan laporan lainnya yang mengharuskan tulisan tersebut berbahasa Arab. 

Misalnya tulisan Assalamualaikum dalam bahasa Arab yaitu السلام عليكم. Di laptop dan PC sebenarnya sudah ada fitur on screen yang dapat menampilkan keyboard virtual Arab dan bahasa lainnya yang bisa dipakai sesuai kebutuhan pengguna.

Lalu bagaimana cara memunculkan keyboard Arab di laptop?  Untuk menampilkannya Anda bisa menuju menu pengaturan dan memilih jenis bahasa yang ingin diterapkan pada keyboard. 

Namun jika Anda masih belum memahami caranya, Anda bisa mengikuti tutorial yang sudah saya bahas di artikel ini.

Untuk versi Windows yang digunakan Anda dapat menerapkan cara ini di Windows 7, Windows 8, Windows 10 dan 11. 

Saya sendiri sudah sering mengganti jenis bahasa yang ada pada keyboard agar memudahkan saya mengetik tulisan Arab, Jepang dan bahasa lainnya

Jika Anda penasaran dengan tutorialnya, silakan simak pembahasan dibawah ini.


Cara Memunculkan Keyboard Bahasa Arab di Laptop

Berikut langkah-langkah dalam menampilkan keyboard bahasa Arab di laptop:


Mengaktifkan Bahasa Arab di Laptop dan PC

Untuk menampilkan bahasa Arab pada keyboard. Terlebih dahulu Anda harus menambahkan bahasa Arab di menu pengaturan, supaya Anda dapat memilih bahasa Arab pada saat menampilkan on screen keyboard.


Klik icon Windows yang ada di pojok kiri bawah, lalu pilih icon Settings. Cara lainnya Anda dapat mengetikkan kata Setting pada kolom pencarian yang sudah disediakan


Cara Memunculkan Keyboard Arab di Laptop


Setelah masuk ke tampilan Windows Settings. Pilih menu Time & Language dan pilih opsi Region & Languange di bagian sebelah kiri seperti pada contoh gambar dibawah ini


Cara Memunculkan Keyboard Arab di Laptop


Langkah berikutnya klik 'Add a Preferred Language'

Setelah itu Anda bisa melihat berbagai jenis bahasa yang dapat digunakan pada keyboard. Silakan piih bahasa Arab (Arabic)

Kemudian Anda akan diarahkan ke tampilan jendela baru, dimana Anda harus memilih jenis bahasa Arab. Disini pilih Arabic (Saudi Arabia)


Cara Memunculkan Keyboard Arab di Laptop


Jika sudah, maka secara otomatis pada bagian Region & Language sudah menampilkan bahasa Arab


Mengaktifkan On Screen Keyboard

One Screen Keyboad adalah sebuah fitur yang ada di setiap sistem operasi Windows yang berfungsi memunculkan keyboard virtual pada layar. Sehingga jika ingin memakai keyboard bahasa Arab maka Anda dapat mengaktifkan One Screen Keyboard. Selain itu jika keyboard mengalami kerusakan atau tidak berfungsi maka Anda dapat menggunakan keyboard virtual tersebut.

Dimana letak keyboard On Screen? Letaknya ada pada opsi pilihan Task Bar sehingga jika ingin mengaktifkannya, terlebih dahulu mengklik kanan area Task Bar dan memilih opsi Show Touch Keyboard Button

Setelah selesai memilih bahasa Arab. Langkah selanjutnya adalah mengaktifkan On Screen Keyboard agar bisa menggunakan keyboard berbahasa Arab di Laptop maupun PC.

Langkah pertama. Klik kanan pada Task Bar yang ada dibagian bawah layar seperti pada contoh gambar dibawah ini


Cara Memunculkan Keyboard Arab di Laptop


Kemudian pilih opsi Show Touch Keyboard Button, maka akan muncul icon keyboard dibagian bawah sebelah kanan

Untuk memunculkan keyboard virtual, silakan Anda klik icon keyboard tersebut. Setelah berhasil terbuka maka Anda akan melihat keyboard virtual yang muncul di layar laptop Anda


Cara Memunculkan Keyboard Arab di Laptop


Jika ingin mengganti hurufnya menjadi huruf Arab. Silakan pilih tombol ENG pada keyboard virtual tersebut


Cara Memunculkan Keyboard Arab di Laptop


Lalu pilih opsi Arabic (Saudi Arabia)


Cara Memunculkan Keyboard Arab di Laptop


Selesai

Dengan mengikuti tutorial di atas maka Anda sudah bisa memunculkan keyboard bahasa Arab di Laptop dan PC. Sehingga Anda sudah bisa menulis tulisan Arab di Word, Excel, PowerPoint dan aplikasi lainnya.

Jika ingin mengembalikan keyboard menjadi huruf Abjad, maka Anda hanya perlu mengganti jenis bahasa pada keyboard melalui icon Touch Keyboard yang ada di bagian pojok sebelah kanan. 

Yang berfungsi menampilkan keyboard virtual kemudian memilih menu ENG pada keyboard dan mengganti format keyboard ke English.

Selain fitur memunculkan keyboard One Screen yang dapat menampilkan keyboard Arab. Pada windows juga memilki fitur untuk mematikan latptop yang tidak mau mati.


Tips Menggunakan Keyboard Bahasa Arab

Adapun tips yang bisa Anda terapkan pada saat memakai keyboard bahasa Arab sebagai berikut:

Pada saat menggunakan font bahasa Arab sebaiknya gunakan ukuran font 14 atau 16 karena jika dibawah ukuran tersebut akan terlihat kecil sehingga sulit dibaca. Apa lagi pada saat di cetak, tampilan teks akan sulit dilihat dan dibaca.

Jika ingin mengganti jenis bahasa Arab maka Anda bisa masuk ke tampilan menu Time & Language dan memilih jenis bahasa arab lainnya seperti Arabic Algeria, Bahrain, Iraq, Libya dan lainnya.

Jika icon keyboard virtual hilang atau tidak muncul. Silakan klik area Task Bar lalu pilih opsi Show Touch Keyboard Button


Akhir Kata

Demikianlah pembahasan mengenai cara memunculkan keyboard Arab di laptop. Semoga tutorial yang sudah Anda ikuti dapat bermanfaat dalam menambah pengetahuan Anda mengenai cara mengganti dan menggunakan keyboard bahasa Arab maupun bahasa lainnya. Sekian dan terima kasih.


Posting Komentar untuk " Cara Memunculkan Keyboard Arab di Laptop"