Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa yang Harus Dilakukan Agar Data dalam File Kita Tidak Terkena Virus?


Virus komputer merupakan hal yang memang cukup menakutkan. Setelah beredar, disini virus akan melakukan enkripsi pada semua file yang ada di komputer serta merubah eksistensinya menjadi bentuk lain sehingga dapat mengunci akses terhadap komputer tersebut. 

Oleh karena itulah, penting untuk kita menjaga data file supaya tetap berada dalam keadaan aman. Lalu bagaimanakah cara yang bisa dilakukan? 

Dan untuk mengetahui informasi lebih lanjut, maka Anda bisa membaca ulasan di bawah ini hingga tuntas.

Bagaimana Cara yang Bisa Anda Lakukan  untuk Menjaga File Data Agar Aman dari Virus ?


Menginstal Anti Virus

Menginstal dan memasang antivirus di perangkat komputer Anda merupakan keharusan. Karena memang ketika Anda tengah menggunakan komputer yang terhubung dengan internet. Hal tersebut akan lebih rawan terserang virus. 

Virus-virus tersebut biasanya muncul melalui iklan web yang ada di internet. Mereka disisipkan ke dalam sebuah port jaringan publik. Maka dari itulah, disini Anda perlu mengaktifkan anti virus di perangkat komputer Anda. 

Perlu anda ketahui bahwa ada banyak sekali anti virus yang saat ini bisa Anda gunakan supaya komputer tetap berada dalam keadaan aman dari virus. 

Karena memang anti virus memiliki manfaat sebagai pelindung terdapat virus yang masuk melalui berbagai macam celah keamanan. 

Selain itu juga anti virus dilengkapi dengan kemampuan heuristik yang cukup tinggi untuk dapat mengenali berbagai macam aktivitas program yang di sini dianggap cukup mencurigakan.


Lakukan Update Antivirus Setiap Saat

Menginstal anti virus tidaklah cukup untuk dapat melindungi komputer Anda jika disini database sudah dirasa kadaluarsa. 

Anda perlu untuk mengaktifkan fitur update secara otomatis, sehingga ketika terhubung ke jaringan internet secara otomatis, maka nantinya virus akan melakukan pembaharuan database dan engine.

Hal tersebut tidak akan menguras kuota internet oleh karena ukuran dari database di sini hanyalah berada di kisaran 15 MB. Beberapa dari varian virus bisa dikembangkan untuk dapat mengecoh deteksi anti virus yang sudah lama.

Seperti halnya ransomware yang awalnya di sini belum cukup dikenali sebaglalmalware berbahaya, sehingga akan ditambahkan kode programnya oleh sebuah perusahaan anti virus setelah akhirnya menelan jutaan korban di seluruh dunia dalam beberapa waktu yang lalu.


Install Anti Malware

Cara selanjutnya yang bisa anda lakukan yaitu Anda juga perlu meng-install. Dan untuk menjaga komputer Anda tetap berada dalam keadaan aman, di sini Anda tidak hanya perlu berhati-hati dari virus yang bisa saja menyerang perangkat Anda. Tapi Anda pun juga perlu untuk berhati-hati dengan malware.

Malware juga memiliki potensi untuk menyerang komputer Anda, karena memang malware cukup berbahaya. 

Karena itulah, menginstal anti malware merupakan langkah yang tepat untuk Anda lakukan. Saat ini telah tersedia banyak sekali anti malware yang bisa Anda pilih. Masing-masing memiliki keunggulan. 

Namun disarankan sebaiknya Anda memilih anti malware yang memiliki ukuran kecil. Dengan menginstal anti malware tersebut, 

tentunya akan bisa membantu anti virus untuk mengamankan perangkat komputer Anda dari serangan virus-virus yang berbahaya dan dapat mengancam file data yang terdapat di dalamnya.

Itulah tadi sedikit ulasan yang dapat dijelaskan mengenai cara yang bisa dilakukan bagi Anda yang ingin menjaga agar file data di dalam komputer Anda tetap berada dalam keadaan aman. 

Tidak dapat dipungkiri virus memang sangatlah berbahaya. Karena itu, Anda perlu melakukan langkah-langkah yang telah di jelaskan diatas.


 


Posting Komentar untuk "Apa yang Harus Dilakukan Agar Data dalam File Kita Tidak Terkena Virus?"