Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Sharing Data Menggunakan Kabel LAN


Cara Sharing Data Menggunakan Kabel LAN sering kali dipilih sebagai sarana untuk bertukar file dan folder antar pengguna. 

Pada umumnya penggunaan Local Area Network (LAN) menjadi pilihan untuk pertukaran data secara tertutup untuk melindungi privasi dan kerahasiaan data.


Cara Sharing Data Menggunakan Kabel LAN Secara Mudah

Bagi Anda yang ingin mengetahui Cara Sharing Data Menggunakan Kabel LAN, berikut adalah beberapa langkah mudah yang bisa dilakukan.


Cara Sharing Data Menggunakan Kabel LAN : Pastikan Komputer Terkoneksi ke LAN

Sebelum memulai proses pertukaran data, salah satu hal penting yang harus diperhatikan adalah memastikan kalau perangkat komputer sudah terhubung ke jaringan LAN. 

Cara memastikannya pun cukup mudah, Anda hanya perlu mengecek bagian port LAN pada laptop atau komputer Anda.

Apabila kabel LAN sudah tersambung maka silakan perhatikan lampu indiaktornya. Jika menyala maka perangkat tersebut sudah tersambung ke jaringan LAN. 

Jika tidak menyala maka kabel belum tersambung dengan benar. Silakan Anda bisa mencoba menyambungkannya kembali agar terhubung ke jaringan.


Memastikan Komputer Memiliki Fitur Sharing Folder   

Langkah berikutnya yang perlu dilakukan jika ingin berbagai file data lewat LAN adalah memastikan komputer memiliki fitur sharing folder. 

Meskipun perangkat sudah tersambung ke jaringan namun jika tidak memiliki fitur sharing Folder maka tidak bisa digunakan untuk berbagi file/data.

Cara pengecekannya pun cukup mudah. Silakan Anda bisa masuk ke menu Pengaturan di laptop. Kemudian silakan pilih menu Network & Internet. Setelah itu pilih bagian Network and Sharing Center.

Kemudian silaakn cek pada bagian tulisan “File and Printer Sharing for Microsoft Network” sudah tercentang atau belum. Kalau sudah tercentang maka fitur tersebut sudah diaktifkan secara default pada perangkat laptop Anda.


Mengatur IP Address Laptop

Agar bisa berbagi data menggunakan jaringan kabel LAN maka kedua laptop/komputer harus berada di dalam satu jaringan yang sama. 

Meskipun secara fisik kedua laptop sudah terhubung ke kabel LAN, namun belum tentu kalau keduanya terhubung ke jaringan. Hal ini dikarenakan adanya IP Address yang bisa membuat keduanya tidak berada dalam jaringan yang sama.

Untuk mengatur agar kedua perangkat berada dalam jaringan yang sama, maka Anda bisa masuk kembali ke menu Pengaturan laptop dan pilih Network & Internet. Kemudian silakan pilih Network and Sharing Center.

Setelah tu, Anda akan menemukan kumpulan jaringan yang tersedia dalam komputer. Silakan pilih Local Area Connection dan kemudian pilih Properties. 

Kemudian silakan lakukan double klik pada Internet Protocol Version IPV4 dan pilih Use the following IP Address. Setelah itu Anda hanya perlu memasukkan IP Address sesuai dengan jaringan yang dimiliki.


Lakukan Sharing Data

Setelah kedua perangkat berada dalam satu jaringan yangsama maka proses transfer data pun sudah bisa dilakukan. Caranya pun cuku mudah. Anda hanya perlu mengikuti bebrapa langkah berikut ini :

Langkah pertama silakan Anda bisa buka Windows Explorer pada perangkat.

Kemudian pilih file atau folder yang ingin Anda transfer ke pengguna lain. Kalau sudah silakan klik kanan dan pilih “Share With” kemudian pilih “Specific People”.

Tambahkan user “Everyone” kemudian silakan klik Add. Setelah ditambahkan kemudian silakan tekan Share.

Bila Anda pengguna Windows 10, maka akan muncul dua opsi. Silakan Anda bisa pilih “Yes, turn on discovery and file sharing for all public networks” untuk memberikan izin orang lain mengakses file tersebut.

Setelah itu maka akan muncul jendela konfirmasi berupa “Your Folder is Shared”. Silakan klik Done untuk menyelesaikan prosesnya. 

Itulah beberapa cara sharing data menggunakan kabel LAN yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas bermanfaat.


Posting Komentar untuk "Cara Sharing Data Menggunakan Kabel LAN"