Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini dia Penyebab Mainboard Rusak dan Cara Untuk Mencegahnya

Mainboard ataupun dapat pula diucap motherboard jadi bagian penting paling penting didalam suatu laptop. 

Contoh seseorang orang, mainboard merupakan tubuh dimana anggota badan lain melekat semacam tangan, kaki, otak, mulut, kuping serta lain- lain supaya dapat bertugas dengan cara berintegrasi. Semacam seperti itu gambaran pentingnya kehadiran mainboard pada suatu laptop. 

Kemudian apa jadinya bila suatu mainboard laptop rusak? Tentu kalian telah bisa membayangkan apa yang bakal terjadi.

Bila mainboard laptop rusak tentu semua bagian yang berintegrasi didalamnya termasuk RAM, Harddisk, processor sampai monitor tidak akan dapat bekerja satupun. 

Akhirnya, laptop tidak hendak dapat hidup serta dipakai buat melakukan sesuatu. Mainboard yang bermasalah juga bisa membawa akibat kurang baik kepada komponen lain itu karna menjadi sebuah satu kesatuan. 

Dalam sebagian permasalahan, mainboard laptop yang telah rusak bakal susah buat diperbaiki alhasil salah satu jalan keluarnya merupakan mengubah dengan yang baru.

Permasalahan mainboard laptop cacat merupakan suatu momok yang menyeramkan. Bukan hanya karena bisa mematikan perangkat keras lain, tetapi pula bayaran buat membenarkannya amat mahal.

 Buat bayaran mengubah suatu mainboard laptop saja dapat menggapai 1 juta sampai 2 jutaan rupiah. Betul, biayanya nyaris setengah harga laptop terkini. Oleh sebab itu, banyak pengguna yang lebih mempunyai membeli laptop terkini dibanding mengubah maindboard yang telah rusak.


Penyebab mainboard rusak

Berbicara hal mainboard laptop cacat, tentu akan terdapat banyak aspek yang dapat jadi faktornya.

Semacam perihalnya permasalahan lain pada perangkat keras, sering- kali kita tidak sadar kalau keadaan yang dicoba kala beraktifitas memakai laptop bisa mematikan semua bagian didalamnya termasuk mainboard. 

Dampaknya biasanya bakal terasa setelah sebagian dikala setelah itu. Kemudian apa saja pemicu kerusakan mainboard pada laptop? Ikuti uraiannya berikut ini.


Arus listrik tidak stabil

Penyebab mainboard laptop rusak yang awal merupakan terdapatnya supplay arus listrik yang masuk tidak normal. 

Umumnya ini terjadi kala tegangan listrik lagi naik turun. Akibat dari arus listrik yang tidak stabil ini bakal terasa dengan cara penumpukan setelah beberapa kali. 

Sebab tekanan listrik kadangkala tinggi serta kadangkala kecil, hingga mainboard hendak bertugas lebih ekstra keras. Arus listrik yang tidak normal dapat ditandai dengan lampu di rumah yang seketika gelap serta terang lagi.


Sering menggunakan laptop tanpa baterai

Salah satu kebiasaan unik pemakai laptop merupakan memakainya tanpa baterai. Semacam yang kita ketahui kalau tanpa terdapatnya baterai juga laptop bisa menyala andaikan ada gerakan listrik dari charger. 

Umumnya pengguna melakukan perihal ini dengan alasan supaya baterai awet. Tetapi metode ini malah mengakibatkan permasalahan terkini. 

Bila seketika arus listrik menyudahi sebab mati listrik ataupun charger terbebas, hingga laptop akan mati seketika. Perihal ini dapat jadi pemicu mainboard laptop rusak sebab arus listrik mati dikala lagi bekerja.


Menggunakan charger yang tidak Original

Untuk kalian yang dikala ini menggunakan charger KW ataupun charger yang tidak original, bersiap- siaplah sebab ancaman sedang menantimu. 

Charger yang tidak original bisa jadi pemicu mainboard laptop cacat sebab arus yang diperoleh tidak normal. 

Perihal ini diakibatkan sebab bagian yang berperan buat menyetabilkan arus listrik dihilangkan supaya menghemat bayaran produksi. 

Sebab arus listrik yang mengalir tidak normal, hingga mainboard akan bekerja keras guna membiasakan diri. Akhirnya lama- kelamaan hendak bermasalah.


Umur mainboard yang sudah tua

Pemicu mainboard laptop cacat yang terakhir merupakan umur. Bagaimanapun pula, mainboard merupakan suatu perlengkapan elektronik yang memiliki era daya tahan dalam waktu durasi khusus.

Umur laptop yang telah umumnya hendak rentan kepada kehancuran mainboard. Suatu laptop dapat dikategorikan dalam umur yang berumur bila telah dipakai dalam kurun durasi lebih dari 5 tahun.

Sebab termakan umur, jadi alami bila mainboard hadapi kehancuran. Tidak cuma mainbaord, perangkat keras lain pula hendak cacat bila telah berumur.


Cara mencegah mainboard dari kerusakan

Suatu kerusakan pada fitur laptop sebenarnya bisa dijauhi dengan menghindari keadaan yang bisa menimbulkan permasalahan itu sebndiri. 

Begitu pula dengan mainboard pada laptop yang bisa kalian jauhkan dari kerusakan. Dengan menghindari kerusakan hingga umur mainboard akan jadi lebih jauh dan masa penggunaan jadi lebih lama. 

Sebagian perihal yang dapat kalian jalani buat menghindari keruksakan pada mainboard laptop merupakan semacam selanjutnya ini.

1. Janganlah memakai laptop pada saat arus listrik lagi tidak normal. Umumnya ditandai dengan lampu rumah yang terang- redup.

2. Letakkan laptop ditempat yang kering dan terpelihara kelembabannya. Jauhkan pula meletakkan laptop didekat larutan.

3. Senantiasa gunakan charger original. Bila rusak, janganlah sempat membeli charger laptop yang KW ataupun replika sebab tidak standar.

4. Gunakan laptop dalam batasan yang normal. Bila konsumsi lebih dari 5 jam, matikan dahulu laptop minimun sepanjang 1 jam penuh.

5. Lakukan penghapusan pada mainboard dari abu serta kotoran dengan cara teratur. Dapat pula kalian membawa ke tempat servis buat maintenance.

Itulah pembahasan mengenai penyebab mainboard rusak dan cara mencegah mainboard dari kerusakan, semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat untuk kalian semua


Posting Komentar untuk "Ini dia Penyebab Mainboard Rusak dan Cara Untuk Mencegahnya"