Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Akses Komputer Lain dalam Satu Jaringan dengan CMD

Cara Akses Komputer Lain dalam Satu Jaringan dengan CMD


Banyak sekali cara untuk melakukan akses komputer lain dalam satu jaringan dengan CMD. Sebelum melakukan akses desktop komputer lain maka anda dapat melakukan pengaturan terhadap komputer utama. Untuk ini anda dapat menghubungkan komputer lain dengan sistem operasi yang sama. 


Bagaimana Cara Akses Komputer Lain dalam Satu Jaringan dengan CMD?


1. Membuka Menu Start

Anda dapat membuka menu start dari gambar yang berjudul windowstart. Menu tersebut terdapat pada komputer hos, anda dapat klik logo windows di pojok kiri bawah bilah peralatan komputer yang ingin diakses dari jarak jauh, untuk membukanya maka anda dapat mengklik menu “start”

Tentunya komputer memang harus menjalankan sistem operasi windows dengan versi profesional agar anda dapat dengan mudah melakukan akses komputer lainnya. Membuka menu start adalah tahap yang mudah, anda dapat dengan mudah akses komputer lain dalam satu jaringan dengan CMD. 


2. Mengetik Control Panel

Langkah kedua yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengetikkan control panel, saat mengetik pastinya terdapat daftar aplikasi yang cocok dengan hasil pencarian yang nantinya akan ditampilkan. Anda dapat melakukan pengetikan ini dengan mudah, karena selanjutnya anda dapat mengklik ikon. 

Selanjutnya Anda dapat melakukan klik ikon program control panel yang mana program yang satu ini ditandai oleh ikon berwarna biru dengan grafik di dalamnya. Ikon yang satu ini adalah salah satu cara akses komputer lain dalam satu jaringan dengan CMD yang tentunya jauh lebih mudah dilakukan. 


3. Klik Sistem and Security

Opsi selanjutnya anda dalam melakukan klik system and security yang ada di dalam komputer Anda. Hari ini adalah bagian dari langkah-langkah untuk akses komputer lain dalam satu jaringan dengan CMD. Opsi ini merupakan pilihan pertama pada program control panel yang telah anda klik. 


4. Klik Tombol Radial Samping

Selanjutnya anda dapat mengklik tombol radial samping, dengan judul allow remote connections to this computer. Tombol yang satu ini adalah tombol yang berada di dalam kotak dengan label remote desktop. Anda dapat dengan mudah menemukan tombol yang satu ini karena tidak susah dicari. 

Langkah selanjutnya adalah dengan menghilangkan centang yang yang terdapat pada kotak bawah. Proses tersebut adalah proses yang perlu di jalan ini dan tentunya akan menjadi rumit jika anda tetap menandai opsi “allow connections only from computers running remote desktop with network”


5. Catat Alamat IP

Mencatat alamat IP sangat diperlukan karena alamat ini merupakan rangkaian nomor yang dipisahkan oleh titik di bagian atas halaman. 

Cara selanjutnya untuk akses komputer lain dalam satu jaringan dengan CMD adalah dengan mencatat alamat IP, tentu hal ini sangat mudah untuk dilakukan. 

Alamat tersebut adalah alamat IP komputer yang anda butuhkan untuk memakai komputer host melalui komputer lain dari jarak jauh. 

Dengan begitu Anda dapat dengan mudah akses komputer lain dalam satu jaringan dengan CMD dan melakukan langkah-langkah seperti mencatat alamat IP. 


Bagaimana Cara Menggunakan CMD pada Komputer?

1. Pakai CMD dalam Program Dasar

Command prompt atau CMD adalah sebuah fitur yang tersedia pada komputer untuk menjalankan berbagai jenis perintah yang diinginkan. 

Program S1 ini dapat dipakai dengan memberikan perintah melalui bentuk teks, Anda bisa memakai dan mengakses fungsi komputer dengan mudah. 

Tidak heran bahwa CMD seringkali digunakan untuk membuka beberapa program tertentu yang tidak bisa dijalankan melalui Windows secara langsung. 

Program yang akan dibuka memang harus dimasukkan atau ditambahkan terlebih dahulu ke daftar CMD sehingga mudah dibuka. 

Cara menggunakan CMD pada komputer sebenarnya mudah namun pada sebagian orang yang masih asing tentu memerlukan pemahaman yang baik agar dapat menjalankan CMD dengan benar. Untuk Anda yang mempunyai permasalahan serupa dapat menyimak beberapa cara cara memakainya. 

Langkah pertama adalah dengan menekan menu start pada komputer, Anda juga bisa menekan tombol Windows pada keyboard yang terletak pada bagian kiri bawah. 

Selanjutnya Anda dapat mengetikan CMD pada kolom pencarian yang terdapat di bagian bawah menu start. 

Setelah itu Anda dapat mengklik program CMD yang telah tersedia dan fitur CMD sendiri akan terbuka setelah beberapa saat. 

Perlu diingat apabila Anda memakai komputer umum atau dengan hak terbatas maka program yang satu ini tak bisa anda akses atau dijalankan dengan mudah. 

Perlu diketahui bahwa sesaat setelah program CMD terbuka maka anda dapat mengetikkan kata start pada dialog CMD yang akan muncul. 

Anda harus memastikan telah memberikan spasi tepat pada setelah kata start diketik, selanjutnya dapat mengetik nama program yang ingin diakses pada dialog. 


2. Pakai CMD dengan Buka Program Tertentu

cara memakai CMD berikutnya tentu bisa dapat dengan mudah digunakan untuk membuka program tertentu yang tidak dapat dibuka secara langsung di komputer. Anda perlu menambahkan program yang ingin dijalankan kedaftar CMD terlebih dahulu. 

Adapun langkah yang pertama adalah dengan menekan menu start pada komputer dan menekan legendaris yang terletak di pojok kiri bawah layar. 

Selanjutnya juga bisa dengan mudah menekan tombol Windows pada keyboard yang terletak pada kiri bawah kemudian buka program file explorer. 

Anda dapat mengklik ikon folder yang terdapat di pojok kiri bawah tampilan desktop dan membuka folder atau lokasi penyimpanan program yang ingin dijalankan. 

Cara yang lebih mudah adalah dengan mengetikkan nama program yang ada pada kolom pencarian tepat di file explorer. 

Selanjutnya Anda dapat memilih lokasi atau alamat folder program yang terletak di bagian atas dan DNA file explorer dan salin alamat folder program tersebut untuk menekan tombol control + c. Anda dapat di folder this PC pada sisi kiri jendela file Explorer. 

Setelah Anda mengklik kembali maka pemilihan folder yang ada di dalam folder akan dibatalkan sekarang Anda juga dapat membuka jendela properti folder. Anda dapat klik tab komputer yang berada di pojok kiri atas halaman file explorer dan klik opsi properties. 

Klik advance system setting, klik enviroment, klik edit, klik views, dan klik new. Selanjutnya Anda dapat menampilkan alamat folder program yang ada lalu menekan tombol control + v yang dilakukan untuk menampilkan nama program yang ada di jendela path. 

Langkah selanjutnya Anda dapat membuka program CMD dengan membuka alamat lokasi program. Ini adalah cara mudah untuk mengakses komputer lain dalam satu jaringan dengan CMD karena CMD sendiri dapat dengan mudah digunakan oleh banyak orang. 

CMD adalah salah satu perintah yang dapat dengan mudah dipergunakan oleh siapa saja yang ingin mengendalikan komputer dari jarak jauh atau mengakses komputer lain dalam satu jaringan. Tentunya Anda dapat dengan mudah memasukkan nama program seperti membuka program dasar. 


Posting Komentar untuk "Cara Akses Komputer Lain dalam Satu Jaringan dengan CMD"